Game Engine merupakan system perangkat lunak untuk menciptakan dan menggembangkan video game. Engine tidak dapat berdiri sendiri dimana perlu program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program.
Fungsi dasar pda game
engine sebagai berikut :
-
Rendering baik 2D atau 3D (bisa salah satu
atau keduanya).
-
Physics engine.
-
Pengatur audio.
-
Scripting.
-
Pengatur dan penampilan animasi.
-
Networking dan streaming data.
-
Pengaturan memori.
-
Pengaturan grafis.
Jenis – jenis game engine popular :
- Unreal Engine
Game ini cocok digunakan untuk kelas AAA, dimana mendukung bahasa pemprograman C++ dan UnrealScript dalam pengembangannya.
- Unity 3D
Game ini popular karena fiturnya lengkap dan mudah dalam penggunaannya, juga mendukung platform pengembangan. 3D ini banyak mendukung bahasa pemrograman seperti C++, C#, Lua, JavaScript dan Unity Script.
- Cocos2D-x
Pada game ini masuk ke dalam game engine gratis, yang mana berukuran kecil dan mendukung 3 bahasa pemrograman C++, JavaScript dan Lua. Saat ini Cocos2D mendukung IDE yang ramah dalam perangkat lunak bernama Cocos-Creator. Kelebihan dalam game ini sangat ringan dan dapat berjalan dengan baik di berbagai mobile.
- Construct
Game ini menarik karena dapat dijalankan dimana saja dan kapan saja. Versi terbarunya dapat dijalankan pada web browser dengan dukungan editor yang fun dan mudah dipahami. Game ini juga dapat dijalankan di berbagai platform termasuk web game (HTML 5 maupun mobile game).
- Corona
Game ini berbasis Lua yang mana ringan, mudah digunakan dan gratis untuk fitur-fitur utama (Core).
- Phaser
Phaser
adalah game engine HTML 5 yang powerfull, game ini juga cocok untuk game web. Selain
mudah dipahami dan digunakan mendukung WebGL ataupun Canvas sehingga memiliki
komponen dasar yang siap dipakai.
Scene Graph adalah komponen
penting dalam game engine, yang berisi tentang geometri dan grafik pada suatu
game. Berguna juga untuk mempresentasikan translansi, rotasi dan pengaturan
skala dari suatu objek dengan objek lainnya.
Bentuk dalam game engine
banyak macamnya, yaitu sebagai berikut :
- Ogre3D
Ogre3D ( Object Oriented Graphis Rendering Engine) merupakan mesin 3D yang berorientasi dalam C++ yang dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan lebih intuitif bagi pengembangnya untuk menghasilkan aplikasi memanfaatkan grafis 3D hardware-accelerated. Ogre biasa digunakan untuk membuat game, tapi ogre sengaja dirancang untuk memberikan solusi grafis kelas dunia, seperti suara, jaringan, AI, tabrakan, fisika dll.
Fitur-fitur
OGRE:
- Fitur Produktivitas
-
Platform & API 3D dukungan
-
Bahan atau dukungan Shader
-
Jerat
-
Animasi
-
Efek khusus
-
Fitur Misc
- Processing
Processing merupakan bahasa pemrograman yang bersifat open source untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi untuk sketsa perangkat lunak dan alat produksi.
- Game Maker
Game
maker adalah game engine untuk pengembangan game 2D yang dibuat oleh YoYoGame,
yang bertujuan untuk membantu orang mengembangkan game tanpa perlu mengetahui
bahasa pemrograman terlebih dahulu. Sangat cocok untuk pemula karena
menggunakan konsep visual interface berbasis drag-drop.
Game maker juga menyediakan bahasa pemrograman untuk user yang membutuhkannya yaitu Game Maker Language (GML). Game maker dapat digunakan untuk membuat game 3D walaupun focus utama tetap untuk game 2D.
- Unity 3D
Unity
3D dirilis pertama kali pada tahun 2005 saat acara Apple’s Worldwide Developers
Conference. Versi awal unity digunakan di Mac Platform yaitu OS dari produk
apple. Sekarang berubah menjadi software multi platform yang dijalankan pada Windows
OS dan Linux OS. Dasarnya 3D ini salah satu game engine dan game development
berbasis 3D, tetapi unity juga membentuk game 2D.
Referensi :
http://haiqal26.blogspot.com/2018/03/mengenal-software-pembuatan-game-3d.html
https://www.gamelab.id/news/10-mengenal-game-engine
https://adityanggraineee.blogspot.com/2016/03/petgame-scene-graph-pada-3d-game-engine.html
http://dinyfr.blogspot.com/2013/10/3d-engine-dan-scene-graph_20.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar