Minggu, 27 Maret 2022

Engine dan Scene Graph Pada Game

Game Engine merupakan system perangkat lunak untuk menciptakan dan menggembangkan video game. Engine tidak dapat berdiri sendiri dimana perlu program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program.

          Fungsi dasar pda game engine sebagai berikut :

-          Rendering baik 2D atau 3D (bisa salah satu atau keduanya).

-          Physics engine.

-          Pengatur audio.

-          Scripting.

-          Pengatur dan penampilan animasi.

-          Networking dan streaming data.

-          Pengaturan memori.

-          Pengaturan grafis.

         Jenis – jenis game engine popular :

  • Unreal Engine

Game ini cocok digunakan untuk kelas AAA, dimana mendukung bahasa pemprograman C++ dan UnrealScript dalam pengembangannya.

  • Unity 3D

Game ini popular karena fiturnya lengkap dan mudah dalam penggunaannya, juga mendukung platform pengembangan. 3D ini banyak mendukung bahasa pemrograman seperti C++, C#, Lua, JavaScript dan Unity Script.

  •  Cocos2D-x

Pada game ini masuk ke dalam game engine gratis, yang mana berukuran kecil dan mendukung 3 bahasa pemrograman C++, JavaScript dan Lua. Saat ini Cocos2D mendukung IDE yang ramah dalam perangkat lunak bernama Cocos-Creator. Kelebihan dalam game ini sangat ringan dan dapat berjalan dengan baik di berbagai mobile.

  •   Construct

Game ini menarik karena dapat dijalankan dimana saja dan kapan saja. Versi terbarunya dapat dijalankan pada web browser dengan dukungan editor yang fun dan mudah dipahami. Game ini juga dapat dijalankan di berbagai platform termasuk web game (HTML 5 maupun mobile game).

  •  Corona

Game ini berbasis Lua yang mana ringan, mudah digunakan dan gratis untuk fitur-fitur utama (Core).

  •   Phaser

Phaser adalah game engine HTML 5 yang powerfull, game ini juga cocok untuk game web. Selain mudah dipahami dan digunakan mendukung WebGL ataupun Canvas sehingga memiliki komponen dasar yang siap dipakai.

Scene Graph adalah komponen penting dalam game engine, yang berisi tentang geometri dan grafik pada suatu game. Berguna juga untuk mempresentasikan translansi, rotasi dan pengaturan skala dari suatu objek dengan objek lainnya.

Bentuk dalam game engine banyak macamnya, yaitu sebagai berikut :

  • Ogre3D

Ogre3D ( Object Oriented Graphis Rendering Engine) merupakan mesin 3D yang berorientasi dalam C++ yang dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan lebih intuitif bagi pengembangnya untuk menghasilkan aplikasi memanfaatkan grafis 3D hardware-accelerated. Ogre biasa digunakan untuk membuat game, tapi ogre sengaja dirancang untuk memberikan solusi grafis kelas dunia, seperti suara, jaringan, AI, tabrakan, fisika dll.

        Fitur-fitur OGRE:

  1.       Fitur Produktivitas

            - Platform & API 3D dukungan

            - Bahan atau dukungan Shader

            - Jerat

            - Animasi

 2    Fitur Adegan

-          Efek khusus

-          Fitur Misc

 

  •  Processing

Processing merupakan bahasa pemrograman yang bersifat open source untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan berfungsi untuk sketsa perangkat lunak dan alat produksi.

  •   Game Maker

Game maker adalah game engine untuk pengembangan game 2D yang dibuat oleh YoYoGame, yang bertujuan untuk membantu orang mengembangkan game tanpa perlu mengetahui bahasa pemrograman terlebih dahulu. Sangat cocok untuk pemula karena menggunakan konsep visual interface berbasis drag-drop.

Game maker juga menyediakan bahasa pemrograman untuk user yang membutuhkannya yaitu Game Maker Language (GML). Game maker dapat digunakan untuk membuat game 3D walaupun focus utama tetap untuk game 2D.

  •  Unity 3D

Unity 3D dirilis pertama kali pada tahun 2005 saat acara Apple’s Worldwide Developers Conference. Versi awal unity digunakan di Mac Platform yaitu OS dari produk apple. Sekarang berubah menjadi software multi platform yang dijalankan pada Windows OS dan Linux OS. Dasarnya 3D ini salah satu game engine dan game development berbasis 3D, tetapi unity juga membentuk game 2D.

 

Referensi :

http://haiqal26.blogspot.com/2018/03/mengenal-software-pembuatan-game-3d.html

https://www.gamelab.id/news/10-mengenal-game-engine

https://adityanggraineee.blogspot.com/2016/03/petgame-scene-graph-pada-3d-game-engine.html

http://dinyfr.blogspot.com/2013/10/3d-engine-dan-scene-graph_20.html

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar